Jumat, 15 Oktober 2010

Schematas

Dalam AI, bentuk skema ( schemas atau schematas)digunakan untuk menjelaskan struktur pengetahuan yang lebih komplek dibadingkan dengan jaringan semantik. Bentuk skema berasal dari psikologi dimana menunjukkan organisasi pengetahuan yang kontinue atau merespond dengan suatu pembuat karena stimuli yaitu, seperti menciptakan pelajaran hubungan tidak formal antara penyebab dan cara mengatasinya, mereka akan mencoba mengulang penyebab jika yang menyenangkan atau menghindari penyebab jika menyakitkan

Misalnya, aksi makan dan minum adalah menyenangkan skematas “sensorimotor” yang mencakup koordinasi informasi dari rasa dengan perpindahan motor (otot) yang diperlukan untuk makan dan minum. Seseorang tidak harus memikirkan tentang pengetahuan ini untuk mengetahui bagaimana melakukan aksi tersebut, dan sangat sulit untuk menjelaskan sebenarnya bagaimana hal itu dikerjakan pada level pengontrolan otot. Bahkan skema yang lebih sulit untuk menjelaskan bagaimana mengendarai sepeda.

Type skema lainnya adalah “concept schema” yang dengan skerma tersebut kita dapat menunjukkan konsep. Misalnya, seseorang mempunyai konsep binatang. Jika hampir setiap orang ditanya untuk menjelaskan apa binatang itu, maka mereka mungkin akan menjelaskannya dalam bnetuk sesuatu yang mempunyai empat kaki dan bulu. Tentu saja, konsep binatang akan berbeda tergantung pada apakah seseorang tersebut tumbuh dan besar di kebun, di kota, dekat sungai, dan sebagainya. Namun demikian, kita semua mempunyai “stereotypes” dalam pikiran konsep kita. Jika bentuk stereotypes mempunyai arti yang menghina dalam bahasa tidak aformal, dalam AI mungkin berarti contoh tipikal. Dengan demikian stereotype menawarkan suatu binatang yang mungkin berupa sesuatu seperti anjing pada banyak orang.

Skema konseptual adalah abstraksi dimana objek khusus diklasifikasikan dengan property umum. Misalnya, jika kita melihat merah kecil, objek seperti bundar dengan tangkai hijau dibawah tandan yang mengatakan artificial frut kita akan menentukan sebagai artificial apel. Suatu objek mempunyai property applehood yang kita gabungkan dengan skema apel konseptual, kecuali untuk apel sesungguhnya, tentu saja.

Skema konseptual dari apel sesungguhnya akan mencakup property aple umum seperti ukuran, warna, rasa, penggunaan, dan sebagainya. Skema tidak akan mencakup secara detail dimana apel tersebut dipetik, truk yang mengirimkan ke supermaket, nama orang yang meletakkannya di rak dan sebagainya. Detail ini tidak penting untuk property yang membandingkan konsep abstrak kita atas apel.

0 komentar:

Posting Komentar