Jumat, 15 Oktober 2010

Frame

Salah satu skema telah digunakan dalam beberapa aplikasi AI adalah Frame (Minsky). Type skema yang lain adalah “script”, yang pada pokoknya merupakan rangkaian frame yang diorder oleh waktu (schank 77). Diajukan sebagai metode untuk melihat pemahaman, bahasa natural dan bidang lain. Frame menyediakan struktur yang cocok untuk menunjukkan obyek yang tipikal pada situasi yang diberikan seperti stereotype. Sebenarnya, frame sengat berguna untuk simulasi pengetahuan arti umum, yang merupakan bidang yang sulit bagi komputer untuk pemilik. Jika jaringan semantik pada pokoknya adalah representasi dua demensi dari pengetahuan, frame menambahkan demensi ketiga dengan memungkinkan node untuk mempunyai struktur. Struktur ini dapat angka sederhana atau frame lainnya.

Karakteristik pokok dari frame adalah bahwa frame tersebut menunjukkan pengetahuan yang dihubungan tentang subyek yang sempit yang mempunyai banyak pengetahuan default. System frame akan menjadi pilihan yang baik untuk menjelaskan bagian mekanik seperti mobil. Komponen mobil seperti mesin, body, rem dan sebagainya akan dihubungkan untuk memberikan keseluruhan pandangan tentang hubungannya. Detail lebih jauh tentang komponen dapat diperoleh dengan menguji struktur frame. Meskipun jenis mobil individual bervariasi, tetapi hampir semua mobil mempunyai karakteristik umum seperti roda, mesin, body, transmisi, dan sebagainya. Frame merupakan kebalikan dengan jaringan semantik yang pada umumnya digunakan untuk representasi pengetahuan yang luas.

Frame merupakan analogous pada struktur record dalam bahasa dengan level tinggi seperti pascal atau atom dalam daftar propetynya dalam LISP. Berhubungan dengan suatu bidang dan angka record adalah “slots” dan “ fillers”slot dari frame. Frame pada pokoknya adalah kelompok slots.

Frame merupakan kumpulan pengetahuan tentang suatu objek tertentu, peristiwa, lokasi, situasi dll. Frame memiliki slot yang menggambarkan rincian (atribut) dan karakteristik objek. Frame biasanya digunakan untuk merepresentasikan pengetahuan yang berdasarkan karakteristik yang sudah dikenal yang merupakan pengalaman-pengalaman. Dengan menggunakan frame, sangat mudah untuk membuat inferensi tentang objek karena menyediakan basis pengetahuan yang berasal dari pengalaman





Gambar di atas menunjukkan frame alat-alat transportasi. Frame memiliki 3 slot, yaitu alat-alat transportasi di darat, udara, dan laut. Ada berapa slot yang bernilai tetap, dan tidak tetap (procedural). Slot yang bernilai tetap misal jumlah roda pada sedan (4). Jenis slot lain yang bersifat procedural artinya slot yang memungkinkan penambahan informasi baru yang bisa ditambahkan pada aturan IF. Misal informasi tentang kecepatan perjalanan, pengisian tangki bahan baker, atau pemakaian bahan baker tiap km.

0 komentar:

Posting Komentar