Rabu, 26 Mei 2010

Manfaat dan Permasalahan pada e-commerce

Menurut Robert E. Johnson, III ( http://www.cimcor. Com ) , e-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama.

Menurut Gary Coulter dan John Buddiemeir ( e-commerce outline ), e-commerce berhubungan dengan penjualan, periklanan, pemesanan produk yang semuanya dikerjakann melalui internet. Beberapa perusahan memilih untuk menggunakan kegiatan bisnis ini sebagai tambahan metode bisnis tradional, sementara yang lainnya menggunakan internet secara ekslusif untuk mendapatkan para pelangan yang bepotensi.

Manfaat dari e-commerce

Bagi Perusahaan : Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar globa, sehingga perusahan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan.

Bagi Kosumen : Membuat konsumen berbelanjar atau melakukan transaksi lainnya setiap saat dan hampir semua lokasi, juga memungkinkan konsumen dalam mendapatkan produk dan jasa yang lebih murah.

Bagi Masyarakat Luas : Memungkinkan lebih banyak orang bekerja di rumah dan lebih jarang bepergian untuk berbelanjan, sehingga kemacetan dan polusi udara bisa berkurang.

Permasalahan dari e-commerce

Infrastuktur Telekomunikasi

v e-commerce sangat bergantung kepada infrastruktur telekomunikasi dimana sebagian negara yang belum mempunyai infrastuktur yang baik.

Delivery (Pengiriman )

v Pengiriman barang masih ditakutkan hilang di jalan.

v Ketepatan waktu dalam pengiriman barang

v Jangkauan daerah pengiriman barang

Kepercayaan

v Masih banyak orang harus melihat secara fisik atau memegang barang tersebut dan masih banyak orang suka berbelanja dengan menggunakan catalog

v Kepercayaan antara penjual dan pembeli masih tipis

Security ( Keamanan )

v Masalah keamanan membuat orang takut untuk melakukan transaksi

v Ketidak mengertian ( lack of awareness )

Munculnya Kejahatan Baru

v Penggunaan kartu kredit curian / palsu

v Penipuan melalui sms , kuis dan sejenisnya

v Kurangnya perlidungan kepada konsumen secara hukum

v Kurangnya kesadaran ( awareness ) akan masalah keamanan

0 komentar:

Posting Komentar