Minggu, 28 Maret 2010

Sistem Pakar dan Penerapannya

Di saat kita akan mengambil sesuatu keputusan yang komplek atau memecahkan suatu masalah, terkandang kita sering meminta nasehat atau berkonsultasi dengan seorang pakar atau ahli. Seorang pakar disini yang berati seseorang yang mempunyai pengetahuan dan pengalaman spesifik dalam suatu bidang seperti pakar komputer, pakar politik dan lain-lain.

System pakar (expert system ) merupakan paket perangkat lunak atau paket program komputer yang ditujukan sebagai penyedia nasehat dan sarana bantu dalam memecahkan masalah di bidang-bidang spesialisasi tertentu seperti sains, perekayasaan, matematika, kedokteran, pendidikan dan sebagainya. Expert system merupakan subset dari Artificial Intelegence, seperti layaknya seorang pakar, kemudian menjelaskannya ke pengguna tersebut, bila perlu dengan alasan-alasannya. Sistem Pakar malahan terkadang lebih baik unjuk kerjanya daripada seorang pakar manusia.

Kepakaran (expertise) adalah pengetahuan yang ekstensif (meluas) dan spesifik yang diperoleh melalui rangkaian pelatihan, membaca, dan pengalaman. Pengetahuan membuat pakar dapat mengambil keputusan secara lebih baik dan lebih cepat daripada non-pakar dalam memecahkan problem yang kompleks. Kepakaran mempunyai sifat berjenjang, pakar top memiliki pengetahuan lebih banyak daripada pakar yunior.

Tujuan Sistem Pakar adalah untuk mentransfer kepakaran dari seorang pakar ke komputer, kemudian ke orang lain (yang bukan pakar).

Keunggulan sistem pakar :

a. Kemampuan menghimpun data dalam jumlah yang sangat besar

b. Kemampuan menyimpan data tersebut untuk jangka waktu yang panjang dalam suatu bentuk yang tertentu.

c. Kemampuan mengerjakan perhitungan secara tepat dan tepat dan tanpa jemu

mencari kembali data yang tersimpan dengan kecepatan tinggi

Kemampuan sistem pakar :

a. Menjawab berbagai pertanyaan yang menyangkut bidang keahliannya.

b. Bila diperlukan dapat menyajikan asumsi dan alur penalaran yang digunakan untuk sampai ke jawaban yang dikehendaki.

c. Menambah fakta kaidah dan alur penalaran sahih yang baru ke dalam otaknya.

0 komentar:

Posting Komentar