Rabu, 09 Mei 2012

AR Huruf Y Dengan Bangun Ruang Limas 3D





Pengolahan citra merupakan salah satu proses intelligent dengan fleksibilitas yang sangat tinggi. Saya mencoba untuk melakukan pembuatan aplikasi huruf y menjadi sebuah bangun ruang limas dengan menampilakan secara 3D yang akan di baca oleh camera pada PC . Secara garis besar prosesnya adalah dengan pembacaan citra pada marker yang secara automatis akan dicapture oleh kamera , camera akan mendeteksi marker tersebut dan akan di bandingkan dengan gambar marker yang telah mejadi acuan. Kemudian bila marker di kenali maka akan di tampilkan hasil 3D.

Pembuatan Marker

Pembuatan Marker dapat di lakukan dengan menggunakan aplikasi paint atau dapat juga menggunakan Photoshop. Marker dibuat sebagai parameter yang akan baca oleh kamera sebagai penanda, dimana objek akan tampil dari marker-marker tersebut. Diharuskan membuat perbedaan pada bentuk didalam kotak marker pada yang akan dibuat, hal tersebut dilakukan agar setiap marker dapat menampilkan objek yang berbeda-beda sesuai fungsi marker masing-masing.
Berikut contoh marker kosong tanpa inisialisasi didalam kotak:



                                                Gambar Marker Inisial Y

Mengenerate Marker Menjadi Pattern
             Proses generate marker adalah suatu proses untuk menyimpan dan mengkonversi marker yang sebelumnya adalah gambar analog menjadi data digital dalam bentuk pattern (.PATT). Dalam melakukan konversi tersebut kita menggunakan Aplikasi yang di sebut ARToolkit Marker Generator.


 
Generate Marker Y

Letakan marker ke arah kamera, tunggu sampai terdapat garis merah pada layar aplikasi ArToolKit Marker Generator. Lalu lakukan klick  pada button saving pattern yang ada di layar, dan save dengan nama Patt.Y.

Implementasi / Layout
            Aplikasi yang sudah selesai di buat dapat diimplementasikan pada komputer yang memiliki kamera webcam sebagai alat bantu untuk melihat hasil rendering bangun ruang yang terdapat pada layar monitor.
Berikut adalah hasil dari printscreen yang di lakukan pada aplikasi ini:








0 komentar:

Posting Komentar