Pengolahan
citra merupakan salah satu proses intelligent dengan fleksibilitas yang sangat
tinggi. Saya mencoba untuk melakukan pembuatan aplikasi huruf y menjadi sebuah
bangun ruang limas dengan menampilakan secara 3D yang akan di baca oleh camera
pada PC . Secara garis besar prosesnya adalah dengan pembacaan citra pada
marker yang secara automatis akan dicapture oleh kamera , camera akan
mendeteksi marker tersebut dan akan di bandingkan dengan gambar marker yang
telah mejadi acuan. Kemudian bila marker di kenali maka akan di tampilkan hasil
3D.
Pembuatan Marker
Pembuatan Marker dapat di lakukan dengan menggunakan
aplikasi paint atau dapat juga menggunakan Photoshop. Marker dibuat sebagai
parameter yang akan baca oleh kamera sebagai penanda, dimana objek akan tampil
dari marker-marker tersebut. Diharuskan membuat perbedaan pada bentuk didalam
kotak marker pada yang akan dibuat, hal tersebut dilakukan agar setiap marker
dapat menampilkan objek yang berbeda-beda sesuai fungsi marker masing-masing.
Berikut
contoh marker kosong tanpa inisialisasi didalam kotak:
Gambar Marker Inisial Y
Mengenerate Marker Menjadi Pattern
Proses generate marker
adalah suatu proses untuk menyimpan dan mengkonversi marker yang sebelumnya
adalah gambar analog menjadi data digital dalam bentuk pattern (.PATT). Dalam
melakukan konversi tersebut kita menggunakan Aplikasi yang di sebut ARToolkit
Marker Generator.
Generate
Marker Y
Letakan marker ke arah
kamera, tunggu sampai terdapat garis merah pada layar aplikasi ArToolKit Marker
Generator. Lalu lakukan klick pada
button saving pattern yang ada di layar, dan save dengan nama Patt.Y.
Implementasi / Layout
Aplikasi
yang sudah selesai di buat dapat diimplementasikan pada komputer yang memiliki
kamera webcam sebagai alat bantu
untuk melihat hasil rendering bangun ruang yang terdapat pada layar monitor.
Berikut adalah
hasil dari printscreen yang di
lakukan pada aplikasi ini:
0 komentar:
Posting Komentar