Senin, 31 Oktober 2011

Mobile Forensik Part 1

"IPhone, BlackBerry ® dan perangkat Android telah menjadi alat standar dalam kehidupan kita sehari-hari dan tempat kerja Perangkat ini menyimpan banyak informasi, sering sengaja, dan kadang-kadang tidak sengaja.." Biasanya orang-orang menggunakanya untuk mengambil foto, mengirim pesan dan email. Bagaimanapun semua kegiatan yang mereka lakukan ini, perangkat mobile mereka secara diam-diam membuat catatan dan menghasilkan bukti dari kegiatan tersebut. . Proses investigasi biasanya difokuskan pada data yang sederhana seperti data panggilan, dan komunikasi seperti email atau sms, dan juga data yang sudah terhapus dari media penyimpanan mobile device. mobile devices biasanya juga bisa digunakan untuk menemukan informasi mengenai lokasi, yaitu mengunakan GPS atau alat pencari lokasi atau melalui cell site logs, yang melacak perangkat yang masuk di dalam range nya. Penggunaan ponsel dalam kejahatan secara luas diakui untuk beberapa tahun, tetapi studi forensik perangkat mobile merupakan bidang yang relatif baru, berasal dari awal 2000-an. Sebuah proliferasi ponsel (terutama smartphone) di pasar konsumen menyebabkan permintaan untuk pemeriksaan forensik dari perangkat, yang tidak dapat dipenuhi oleh teknik komputer forensik yang ada. Forensik perangkat mobile merupakan cabang dari forensik digital yang berkaitan dengan pemulihan (recovery) bukti digital atau data dari perangkat mobile di bawah kondisi forensik suara. Perangkat selular frase biasanya mengacu ke ponsel, namun, juga dapat berhubungan dengan perangkat digital yang memiliki memori internal baik dan kemampuan komunikasi. Ini berbeda dengan computer forensics, dalam mobile device forensics sangan berhubungan dengan sistem komunikasi seperti GSM atau cdma, dan biasanya juga berkaitan dengan mekanisme penyimpanan. Untuk lebih baiknya atau yang buruk, hal ini membuat perangkat mobile mungkin menjadi sumber terkaya dari bukti-bukti tentang orang-orang yang menggunakannya.

Contoh titik data yang dapat diekstraksi dari perangkat meliputi:

· Buku telepon Kontak

· Rincian Telepon: IMEI / ESN dan nomor telepon

· ICCID dan IMSI

· SIM Informasi Lokasi: TMSI, PKS, MNC, LAC

· Teks Pesan termasuk SMS dihapus dari kartu SIM / USIM

· Panggilan (Missed / Keluar / Diterima termasuk sejarah panggilan dihapus dari kartu SIM / USIM)

· Gambar

· Video

· Berkas Audio

· Geo Tagging gambar dan pemetaan melalui Google Earth

· Bypass ponsel Terkunci SIM (pembawa kunci) ketika SIM asli tidak tersedia.

· Unicode Ekstraksi Beberapa Bahasa

Bagaimanapun, untuk memperoleh dan menggunakan bukti ini, dapat memberikan beberapa tantangan. Sama seperti perangkat mobile itu sendiri, proses memperoleh bukti pada perangkat mobile, serta hukum yang terkait.

Tools Komunikasi utama perangkat mobile melalui tiga teknologi berikut ini :

Komunikasi seluler melibatkan teknologi ini membagi sebuah daerah dengan layanan geografis yang besar ke daerah yang lebih kecil yang disebut sel. Setiap sel berisi perangkat komunikasi, biasanya pada sebuah menara yang mentransmisikan sinyal radio ke dan dari perangkat mobile. Teknologi transmisi yang digunakan untuk komunikasi, diantaranya GSM, CDMA, GPRS, EV-DO, EDGE, DECT, TDMA dan iDEN.

WiFi sama seperti seluler, yaitu mentransmisikan komunikasi dengan menggunakan gelombang radio, tetapi menggunakan frekuensi yang lebih tinggi dan umumnya jauh lebih cepat. Perjalanan komunikasi WiFi dari perangkat mobile ke titik akses nirkabel, kira-kira dengan modem/router decode komunikasi dan kemudian meneruskannya sampai ke internet. Titik akses harus dalam jarak relatif sebuah fisik (biasanya sekitar 100 kaki atau kurang) ke perangkat mobile untuk menerima sinyal WiFi-nya.

Bluetooth adalah komunikasi nirkabel, tetapi tujuannya agak berbeda dari selular atau WiFi. Bluetooth dirancang untuk memungkinkan berbagai perangkat yang secara fisik dekat satu sama lain (umumnya kurang dari 30 kaki). Dengan kata lain, Bluetooth dapat mengaktifkan iPhone anda untuk berkomunikasi secara otomatis dengan audio headset, atau iPad anda untuk berkomunikasi secara otomatis dengan keyboard eksternal anda.

Informasi yang diambil dari perangkat mobile dapat berguna dalam berbagai masalah hukum, administratif dan investigasi seperti:

· Pencurian Kekayaan Intelektual

· Perusahaan Penipuan

· Penyalahgunaan Properti

· Perceraian & Hukum Keluarga

· Geo-Lokasi Kontroversi

· Bukti Kejahatan

0 komentar:

Posting Komentar